Home »  Gelanggang, Olahraga »  Kekuatan Sumbar di Arena Popnas XVI Palembang Bertambah

Kekuatan Sumbar di Arena Popnas XVI Palembang Bertambah

Oleh :  | Sabtu, 9 Januari 2021  9:15 WIB • 122 views

PADANG, katapolos– Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah sepakat menambah empat cabang olahraga di arena Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI 2021 yang akan digelar di Palembang, Sumatera Selatan.

Persetujuan itu dituangkan dalam surat Kemenpora dan diteruskan kepada empat Pengurus Besar (PB) olahraga di Jakarta. Nomor surat lampiran persertujuan Kemenpora itu yakni Nomor : 04.20.1/D.IV/IV/2020 tertanggal 20 April 2020. Empat cabor yang disetujui itu, wushu, panjat tebing, anggar dan kempo.

Dasar persetujuan Kemenpora itu merujuk surat keempat PB/PP Cabor itu dalam Rakernas BAPOPSI pada 3 sampai 6 Maret 2020 lalu diselenggarakan di Yogyakarta.

Poin-poin penting dalam Rakernas BAPOPSI itu sepakat menambah cabor yang dipertandingkan pada Popnas XVI 2021 di Palembang, Sumsel dari 20 cabor menjadi 23 cabor dan tambahan satu cabor pilihan tuan rumah.

Kemudian, cabor wushu, panjat tebing, dan anggar resmi masuk dalam cabor pilihan yang dipertandingkan pada Popnas XVI 2021 di Palembang, ketiga cabor kempo menjadi olahraga pilihan tuan rumah Sumsel.

Berikutnya, keputusan dalam Rakernas di Yogyakarta 2020 lalu itu, untuk penyelenggaraan Popnas XVI di Palembang rencananya bakal ditabuh pada 12 sampai 25 Oktober 2021 (tentative) dengan tahun kelahiran peserta 1 Januari 2003 atau sesudahnya berstatus pelajar aktif (usia maksimal 18 tahun).

Terkait keputusan Kemenpora itu, Pengprov Bapopsi Sumbar menyambut gembira. Ketua Bapopsi Sumbar, Bustavidia yang dihubungi katapolos.com, Sabtu (9/1/2021) membenarkan penambahan empat cabor di atas.

“Kita tentu bersyukur sekaligus menyambut gembira tentang keputusan Kemenpora itu,” ujar Bustavidia.

Bustavidia yang didampingi Wakil Ketua Bapopsi Sumbar, Rafli Efendi menambahkan Sumbar patut berbangga atas keputusan Kemenpora tersebut.

“Empat cabor yang disetujui penambahan itu mudah-mudahan kekuatan kita semakin kuat,” kata Rafli Efendi.

Disebutkan Kepala UPTD Kebakatan Olahraga PPLP Sumbar itu, dengan penambahan empat cabor itu persaingan Sumbar dalam perebutan medali semakin kuat.

“Kita akan bersaing ketat di papan atas untuk tingkat pelajar. Sebelumnya, Kontingen Sumbar di cabor kodrat, gulat, sepak takraw, senam, dan atletik cukup besar kontribusinya dalam perolehan medali.

“Sumbar di arena Popnas pernah meraih 5 besar bahkan untuk luar Pulau Jawa, Sumbar nomor satu,” jelas Rafli Efendi.

Raihan posisi 5 besar yang direngkuh Kontingen Sumbar pada Popnas di Jawa Barat sekiyar 2015. Pada Popnas terakhir 2019 diselenggarakan di DKI finis pada posisi 10 besar. (*)

Sumber: topsatu.com

BACA JUGA :

Katapolos.com